Kemkominfo Menyediakan Beasiswa Untuk 25.000 Orang di Tahun 2019

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) berupaya memfasilitasi generasi muda agar siap memanfaatkan bonus demografi 2030 melalui Program Digital Talent Scholarship 2019. Program ini ditujukan untuk mengembangkan sumber daya manusia dan menyiapkan generasi muda menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Disediakan sebanyak 25.000 beasiswa digital talent 2019 yang diselenggarakan di 31 perguruan tinggi dan 23 politeknik di Indonesia. Beasiswa gratis ini memberi kesempatan bagi lulusan SMK, D1, D2, D3, hingga DIV dan S1 untuk mendapatkan pelatihan digital di berbagai bidang.

Program Digital Talent Scholarship ini merupakan beasiswa pelatihan dengan durasi maksimal 3 bulan sesuai dengan tema pelatihan yang dipilih. Selain itu program beasiswa pelatihan Digital Talent Scholarship 2019 ini juga memberikan kesempatan kepada para penyandang disabilitas untuk ikut berpartisipasi.

Untuk mengikuti program beasiswa pelatihan ini, calon peserta diharuskan melewati tahapan seleksi calon peserta Digital Talent Scholarship terdiri dari 2 tahap yaitu Seleksi Administrasi dan Seleksi Substansi. Calon peserta dinyatakan lolos jika sudah melewati kedua tahapan tersebut.

Adapun program beasiswa Digital Talent Scholarship 2019 secara garis besar dibagi menjadi empat akademi, yaitu:

  1. Fresh Graduate Academy (FGA) , yang ditujukan bagi lulusan D3, D4 dan S1 bidang TIK dan MIPA, terbuka bagi penyandang disabilitas.
  2. Vocational School Graduate Academy (VSGA) , program pelatihan bagi lulusan SMK bidang TIK.
  3. Coding Teacher Academy (CTA) , yang ditujukan bagi para guru SMK, SMA dan guru Madrasah Aliyah bidang TIK (Terbuka bagi Guru PNS dan Non PNS), dan
  4. Online Academy (OA) , program pelatihan online bagi masyarakat umum, termasuk ASN, mahasiswa, dan pelaku industri.

Untuk informasi lebih detail silahkan klik https://digitalent.kominfo.go.id/about